Kerangka Pikir dalam Penelitian Tesis Pemasaran

Dalam membuat tulisan suatu penelitian tesis pemasaran berdasarkan pengalaman penulis, dapat dipahami poin-poin sebagai berikut:

  • Tentukan fenomena yang menarik yang akan diteliti, yang perlu kajian terhadap masalah yang ada. Misalnya penjualan yang menurun yang diambil dari data primer dari sumber data, jurnal, Internet dan sumber lainnya.
  • Misalnya tema yang mau diambil masalah Loyalitas, karena diduga penurunan penjualan terkait dengan Loyalitas pelanggan, terus dicai hasil penelitian sebelumnya yang ada kaitannya antara Loyalitas dengan menurunnya penjualan.
  • Mencari pengaruh apa saja yang mempengaruhi Loyalitas sebanyak mungkin, dari penelitian sebelumnya yang menjelaskan variabel-variabel yang mempengaruhi Loyalitas. Misalnya dari beberapa penelitian diperoleh 10 variabel yang mempengaruhi.
  • Melakukan pra penelitian survey untuk menentukan variabel yang paling menyebabkan menurunnya Loyalitas, dengan pertanyaan survey dapat diambil dari penelitian sebelumnya atau membuat sendiri yang sesuai.
  • mengolah hasil survey pra penelitian, mengurut variabel yang paling besar pengaruhnya negatifnya dari jawaban yang tidak setuju.
  • Mengambil variabel bebas yang mau diteliti misalnya 3 variabel bebeas, 1 variabel interveningnya.
  • Mencari penelitian terdahuluan yang membahas variabel terpilih sebelum menentukan judul penelitian.
  • membuat rumusan masalah
  • membuat tujuan penelitian
  • menyusun studi pustaka, dari variabel terikat loyalitas sampai variabel bebasnya.
  • menyusun tabel studi terdahulu yang akan digunakan menyusun kerangka pikir penelitian dan hipotesis
  • menyusun kerangka pikir dan membuat hipotesis
  • mendesain penelitian
  • menyusun desain variabel dan variabel operasinal
  • menyusun desain survey
  • menentukan populasi dan sampel
  • desain pengolahan data
  • menyusun pertanyaan survey sesuai variabel operasional
  • survey
  • mengolah data dengan Excel atau sejenis, analisis deskriptif responden, data pertanyaan
  • mengolah data dengan SmartPLS, analisis uji model pengukuran
  • mengolah data, analisis uji model struktural
  • mengolah data, uji hipotesis
  • pembahasan hasil
  • kesimpulan
  • saran

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.